WordPress : Segala Kelebihannya Untuk Kamu yang Ingin Berkarir Sebagai Blogger

Mungkin sebagain besar dari kalian sering mendengar istilah wordpress. Lalu sejauh manakah kalian mengenali wordpress? Pada tulisan kali ini kita akan sedikit berbagi tentang apa itu wordpress serta kelebihan yang dimiliki oleh wordpress. Selain itu kita juga akan membahas beberapa perbedaan antara .com dan .org dalam wordpress.

WordPress adalah suatu tool yang digunakan untuk membuat suatu website atau blogging suatu laman kerja yang bersifat open source yang ada sejak tahun 2003 hingga sekarang. Saat ini wordpress berhasil menguasi 35% website yang ada di seluruh dunia.

Kelebihan WordPress

kelebihan-wordpress-1

Photo by Stephen Phillips – Hostreviews.co.uk on Unsplash

WordPress memiliki banyak kelebihan yang mepermudah para penggunanya baik sebagai developer, content writer, digital marketing atau pengguna lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan dari penggunaan wordpress, yaitu :

  • User friendly atau mudah digunakan.

    Karena wordpress memilki UX(user experience) dan UI(user interface) yang bagus sehingga dapat memeberikan rasa nyaman tersendiri bagi para penggunanya. Bagi orang yang awam terhadap suatu sistem akan dapat dengan mudah mengenali menu – menu yang disediakan oleh wordpress. Selain itu wordpress memungkinkan pengguna untuk tidak membuat hosting dan domain secara manual atau hanya perlu one-click (satu kali klik) pada saat install wordpress.

  • Menyediakan tema dan plugin

    WordPress menyediakan tema dan plugin yang dapat membantu kita dalam membuat sebuah website. Namun telah disediakan tema dan plugin, bukan berarti dengan serta merta kalian bebas memilihnya. Karena dalam mengambil tema dan plugin kita juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti review dari tema dan plugin yang akan kita gunakan, review tersebut dapat berupa bintang dari tema dan plugin tersebut, last update, dan layak atau tidaknya tema dan plugin tersebut. Karena ada beberapa tema dan plugin pada wordpress yang setelah satu tahun kemudian tidak di maintenence lagi.

  • Sites rank

    Sebenarnya sites rank ini bersifat relatif atau tidak berlaku untuk semua website. Sites rank berkaitan dengan Search Engine Optimization (SEO) atau bagaimana cara kita untuk mengoptimalkan website kita agar bisa berada pada halaman pertama pencarian pasca kita membuat sebuah website. Namun bagi pengguna wordpress tidak perlu lagi khawatir tentang SEO ini, karena plugin SEO pada wordpress sudah cukup baik dan cukup banyak yang bagus, contohnya adalah YoastSEO.

  • Mobile responsive

    Pada wordpress hampir semua tema yang ada sudah bisa menghandle tentang mobile responsive ini. Mobile responsive ini biasanya berkaitan dengan user experience, yaitu bagaimana pengalaman yang didapatkan pengguna saat mengunjungi suatu halaman website. Apakah seorang pengguna tetap mendapatkan kemudahan tampilan meskipun menggunakan media yang berbeda. Misalkan saat membaca sebuah tabel di website dengan menggunakan leptop apakah pengguna tetap bisa membaca tabel tersebut dengan baik saat menggunakan handphone.

  • Flexible

    WordPress tidak hanya memungkinkan kita untuk blogging saja atau hanya membuat sebuah artikel tetapi juga hal lainnya. Dengan wordpress kita bisa membuat hal lain seperti portofolio, company profile, dan e-commerce atau toko online. Karena wordpress telah menyediakan plugin gratis untuk hal tersebut.

  • Focus Front End

    Pada wordpress kita bisa lebih fokus pada front- end atau tampilan dari website yang kita buat agar tampak menarik dan nyaman bagi para pengguna yang mengunjungi website kita. Akan tetapi bukan berarti wordpress melupakan back-endnya karena wordpress akan tetap melakukan update-an dalam beberapa waktu sekali.

  • Community
    Selama belasan tahun berjalan komunitas yang terbentuk pada wordpress sudah sangat besar. Kemudahan yang didapat pada wordpress serta sifatnya yang open source membuat wordpress semakin banyak yang menyukai. WordPress bebas untuk di download dan dimodifikasi oleh para penggunanya sehingga banyak developer yang suka. Besarnya komunitas pengguna wordpress ini berdampak baik terhadap penyelesaian masalah yang mungkin di temuai pada developer lain. Komunitas yang besar make it easier to solve the problem.

Itu adalah beberapa benefit atau kelebihan yang kita dapat dari penggunaan wordpress dalam membangun sebuah website. Dari beberapa kelebihan yang ada, hal paling menarik adalah wordpress memberikan kita kemungkinan untuk tidak melakukan hosting secara manual atau hanya perlu one – click saja.

Perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org

Terdapat dua pilihan hosting dalam wordpress yaitu .com untuk hosted dan .org untuk self hosted. Hosted adalah hosting website wordpress kita di wordpress itu sendiri. Sedangkan pada self hosted kita mendownload wordpress atau bundle file kemudian kita menghosting website kita di hostingan lain (bukan .com). Terdapat beberapa perbedaan antara hosted dan self hosted yaitu :

  • Flexibility

    Pada .org cenderung lebih fleksibel jika dibandingkan .com. Pada .org kita bebas mengobrak – abrik isinya. Tetapi kelebihan pada .com kita dapat memilih hosting berbayar atau gratis sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kita. Tetapi pada hosting gratis memiliki kelemahan dimana kita tidak bisa menginstal tema atau plugin tambahan.

  • Cost

    Pada .com kita dapat menggunakan hosting gratis yang disediakan. Hal ini sangat tepat bagi para content writer dan juga digital marketer yang tidak perlu memikirkan fungsionalitasnya hanya perlu menggunakan saja. Tetapi mungkin bagi seorang developer yang sering mengubah front end maupun back- endnya .com versi gratis dianggap kurang tepat. Selain itu pada penggunaan hosted (.com) versi gratis website yang kita buat akan memiliki embel – embel domiannya sehingga nama yang dimiliki lebih panjang. Jadi semisal kita memiliki sebuah website dengan nama belajarsaja maka akan menjadi belajarsajawordpress.com

  • Performance

    Dalam hal performance .com dianggap lebih aman dalam hal hosting dibandingkan .org. sebagai seorang developer tentu perlu memperhatikan dan mempertimbangkan kira – kira hosting apa yang akan digunakan karena dapat mempengaruhi performence atu kecepatannya.

  • Security

    Dalam hal security atau keamanan .com lebih safety jika dibandingkan .org. Tetapi bukan berarti .org tidak aman untuk digunakan, karena hal tersebut tergantung bagaimana kita mengamankan website kita tersebut.

 

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai kelebihan – kelebihan yang ada pada wordpress. Serta
beberapa perbedaan dari .com (hosted) dan .org (self hosted). Semoga dapat memberikan sedikit
gambaran kepada kalian tentang wordpress beserta kelebihan – kelebihannya. Dan semoga kalian semakin
tertarik dengan wordpress dan ingin mempelajarinya lebih jauh.

Ingin berkarir sebagai Copywriter / Blogger, mari bergabung dengan kami, dengan update pekerjaan dan karir untuk kamu dengan klik disini

  • Share this post

Leave a Comment