Barista, Apakah Menjanjikan Saat Ini? Mari Kita Berkenalan dengan Profesi Barista

Kalian milenial zaman sekarang, pasti sering banget denger istilah barista, bukan? Kira–kira kalau ditanya apa itu barista, kalian bisa jelaskan, tidak? Lalu, apa sih bedanya barista dengan bartender? Menjadi barista, apakah cukup menjanjikan?

Asal Usul dan Istilah Barista

Barista berasal dari bahasa Italia yang berarti “pelayan bar” atau “bartender“. Jadi, barista adalah sebuah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Tetapi, arti dan peranan barista sendiri sebenarnya lebih dari itu, karena seorang barista tidak hanya membuat dan menyajikan kopi saja, tetapi mereka juga memiliki keterampilan yang terlatih secara profesional untuk membuat espresso dan memiliki keahlian tinggi dalam meracik kopi dengan berbagai campuran dan rasionya.


Illustrasi oleh Jennifer Bedoya di Unsplash

Istilah barista sebenarnya sudah ada sejak lama sebelum tahun 1960-an atau secondwave terjadi, akan
tetapi memang barista yang sangat dipengaruhi oleh bisnis kopi makin dikenal saat second-wave terjadi.

Di Italia, barista laki–laki dan perempuan memiliki sebutan yang berbeda, di mana untuk barista laki–laki
dikenal dengan nama baristi dan barista perempuan dikenal dengan istilah bariste. Dan di Italia pula, seorang
barista tidak hanya meracik kopi, tetapi juga meracik alkohol.

Di benua Eropa, profesi peracik kopi ada pertama kali di Vanisia, Italia pada tahun 1629, kemudian diikuti dengan negara–negara lainnya. Hingga pada abad ke-19, para imigran italia menjual kopi khas daerahnya di Amerika Serikat yang daerahnya padat dengan penduduk Italia, seperti daerah New York dan Little Italy.

Semakin lama menjual kopi dengan seorang peracik, kopi semakin populer. Begitupun dengan istilah barista, seiring berjalannya waktu istilah tersebut juga semakin sering digunakan. Profesi tersebut tidak hanya berkembang antar daerah saja, tetapi juga berkembang di berbagai negara. Bahkan kini di setiap negara terdapat asosiasi barista, sertifikasi, pelatihan, hingga kompetisi untuk para barista.

Baca juga:  Mari Mencintai Pekerjaan Kita dari Sekarang

Barista dan Bartender, Apakah Sama?

Selain istilah barista, kalian juga sering mendengar istilah bartender. Kira–kira apakah kalian tahu perbedaanya?

Sebenarnya antara barista dan bartender memiliki arti yang sama, tetapi keduanya identik dengan profesi yang berbeda. Bartender lebih identik dengan orang yang meracik dan menyajikan minuman–minuman beralkohol di bar. Sedangkan barista digunakan untuk mereka yang meracik dan menyajikan kopi di warung kopi. Selebihnya tugas mereka adalah sama yaitu meracik dan melayani pelanggan dengan skill dan alat –alat yang ada pada meja bar.

Bagaimana Prospek Menjadi Barista?

Illustrasi Oleh Brooke Cagle di Unsplash

Menjadi seorang barista, apakah cukup menjanjikan saat ini?

Tentu saja, karena dunia perkopian saat ini kian berkembang pesat, bahkan kopi menjadi gaya hidup lintas generasi. Saat ini di Indonesia telah ada pelatihan di dunia kopi dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan bekal untuk menjadi seorang barista, karena tren kopi semakin marak dan menjanjikan. Selain itu, seperti yang telah disebutkan tadi, di berbagai negara tidak hanya terdapat asosiasinya saja, tetapi juga terdapat pelatihan, sertifikasi, hingga kompetisi untuk para barista. Kejuaraan resmi barista bermula di Norwegia. Oleh karena itu, menjadi barista tidak hanya menjadi pekerjaan yang menjanjikan tetapi juga bergengsi.

Di negara yang memiliki kultur minum kopi, seorang barista memiliki bayaran yang cukup fantastis per jamnya. Misalnya di Australia, bayaran yang didapatkan dari menjadi barista bisa mencapai $35 per jam, sedangkan di Oslo, Norwegia bayaran yang didapat bisa mencapai $28 per jam.

Jadi bagaimana? Apakah kalian tertarik menjadi seorang barista? Perlu diingat, barista bukan hanya seorang pembuat kopi, tetapi mereka adalah seniman yang tahu tentang banyaknya takaran dan campuran yang diperlukan untuk menyajikan espresso dan variasinya.

Ingin berkarir sebagai barista tapi bingung mencari lowongan? Tenang saja, teman-teman bisa mencarinya pada tautan berikut.

Leave a Comment